skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

CARA KERJA SMOKE DETECTOR

CARA KERJA SMOKE DETECTOR

Tak banyak yang mengetahui apa itu smoke detector. dan juga tak banyak yang mengetahui cara kerjanya. smoke detector sangatlah awam di telinga masyarakat, pasalnya smoke detector adalah benda yang sangat penting untuk sistem proteksi kebakaran. Mungkin kita sering menemukan alat ini di sebuah pabrik, rumah sakit, gedung sekolah dll. Namun kita tak menyadari jika alat tersebut adalah smoke detector.

Lalu apa itu smoke detector?

Smoke detector adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi dengan cepat jika terdapat asap di sebuah ruangan. fungsi dari smoke detector sendiri yaitu alat dengan sensor sebagai pendeteksi awal sebuah kebakaran. Dengan mendeteksi secara dini penyebab kebakaran maka, mampu memadamkan api sebelum menyebar luas. Sehingga meminimalisir terjadinya kerugian materi akibat kebakaran. Smoke detector bekerja saat muncul asap atau panas di sebuah ruangan, dan alat ini mampu mendeteksi adanya asap rokok.

Cara Kerja Smoke Detektor

Setelah kita tahu apa itu smoke detector, mari kita mengetahui cara kerjanya. Cara kerja dari smoke detector sendiri sangatlah sederhana. Alat ini bekerja saat asap masuk ke dalam smoke detector. Sehingga saat smoke detector dipenuhi oleh asap yang dilewat batas, sistem yang terdapat dalam alat ini akan aktif. Karena di dalam smoke detector terdapat sebuah rangkaian elektrik yang memerlukan sebuah tegangan. Kemudian sistem yang aktif itu mengirimkan sinyal bahaya kepada fire alarm dan memberi peringatan kepada orang-orang akan adanya pemicu kebakaran.

Jenis-jenis Smoke Detector

Di Vinci Fire Protection Semarang, menyediakan smoke detector dengan model d-223 dan d-223H-A-B-I. Dimana kita jual secara independent karena di operasikan dengan baterai yang dirancang khusus bukan menggunakan sistem panel. Smoke detector dapat di aplikasikan di berbagai tempat baik itu rumah, institusi, kamar rumah sakit, hotel, pabrik dan masih banyak lagi. perbedaan sederhana dari kedua model smoke detector tersebut adalah smoke detector dengan model d-223 hanya mengidentifikasi adanya asap saja, sedangkan smoke detector model d-223H-A-B-I dapat mengidentifikasi adanya asap dan juga sekaligus panas.
Berikut spesifikasi sensor

Sensor Specification

1 Smoke Sensitivity 0.80-0.15dB/m (EN standard)
2 Sound Alarm Time 12+/-4 seconds after LED flashing
3 Battery Availability 15months\9Volt GP1604S Carbon-Znic battery
3 Battery Availability 15months\9Volt GP1604S Carbon-Znic battery
4 Standby Current 8pA
5 Alarm Current 15mA
6 Alarm Sound Level 85 db/3m

 

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?