skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Cara mematikan fire alarm konvensional

Halo sobat Vinci! Dalam artikel kali ini kita akan belajar bersama tentang cara mematikan fire alarm. Mungkin kita pernah melihat berada dalam situasi dimana fire alarm terus berbunyi.

Fire alarm merupakan suatu sistem yang bekerja saat ada indikasi kebakaran. Fire alarm system sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti control panel, detector, indikating lamp, manual call point, dan komponen lainnya.

Fire alarm dapat aktif atau berbunyi karena beberapa sebab. Bisa karena detektor menangkap sinyal kebakaran atau hanya alarm palsu. Lalu apa yang harus kita lakukan jika fire alarm berbunyi?

  1. Pastikan sumber bunyi fire alarm, apakah benar terjadi kebakaran atau hanya alarm palsu.
  2. Jika terjadi kebakaran segera padamkan api jika api masih dapat dipadamkan. Jika api sudah besar segera hubungi dinas pemadam kebakaran.
  3. Setelah issue / penyebab fire alarm ditangani kita bisa mematikan bunyi fire alarm melalui panel kontrol fire alarm. Tekan tombol “silence” pada panel kontrol fire alarm untuk mematikan bunyi fire alarm.

Tombol pada panel kontrol fire alarm biasanya sedikit berbeda sesuai dengan merek atau tipenya*

cara mematikan fire alarm

Jika sudah tidak ada tanda-tanda kebakaran, alarm harus dibersihkan sebelum dipasang kembali karena alarm palsu paling sering disebabkan oleh sesuatu yang mengganggu sensor.

Untuk membersihkan, setelah melepas detektor pegang detector pada bagian tepinya dan kosongkan sepenuhnya celah antara penutup depan dan pelat belakang di sekeliling perimeter dengan alat celah alat penghisap debu, atau meniup melalui celah yang sama dengan udara terkompresi.

Jika detektor sudah bersih kita bisa memasangnya kembali. Unit akan berbunyi saat baterai terhubung pertama kali, tetapi tidak boleh berbunyi sesudahnya.

Sampai disini dulu artikel Cara Mematikan Fire Alarm. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, bisa diketik dikolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita 🙂
Jika Anda belum memiliki fire alarm untuk melindungi aset yang Anda punya segera hubungi kami. Kami menyediakan berbagai produk fire alarm dan dapat membantu Anda dalam instalasinya. Untuk info lebih lanjut bisa langsung klik tombol WhatsApp dibawah!

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?