skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Cara mengecek APAR dan kelayakannya

Cara mengecek APAR dan kelayakannya

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan APAR kan? Ya, tabung merah yang satu ini memang sering kita jumpai dimanapun, mulai dari mall sampai rumah sakit. Untuk menjaga keamanan bangunan dari bahaya kebakaran kita perlu mengecek secara berkala tabung APAR yang ada. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena kita harus memastikan APAR dapat berfungsi secara optimal saat dibutukan. Oleh karena itu, pengecekan APAR secara rutin harus dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara mengecek APAR. Lalu, bagaimana cara mengecek kelayakan tabung APAR?

Cara mengecek tabung APAR
Cara mengecek alat pemadam api portable juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan selain dari tampilan fisiknya.Berikut adalah cara pengecekannya

Cara mengecek APAR dan kelayakannya

1. Cek indikator tekanan
Pada saat mengecek indikator tekanan, yang harus kita perhatikan adalah jarumnya. Pastikan jarum menunjuk ke warna hijau. Kenapa harus menunjuk warna hijau? Karena warna hijau menunjukkan tekanan pada tabung pemadam masih baik, dan tabung masih bisa digunakan. Lalu bagaimana jika menunjuk ke warna merah? Berarti tabung tidak bisa mengeluarkan isinya dengan maksimal. Jika tabung dalam kondisi seperti ini segera lakukan refill atau pengisian ulang.

Cara mengecek APAR dan kelayakannya

2.Cek tanggal kadaluwarsa pada tabung
Tanggal kadaluwarsa ini sangat penting karena isian pada tabung juga dapat menurun kwalitasnya seiring berjalannya waktu. Contohnya APAR dengan media isi dry chemical powder, seiring berjalannya waktu media ini bisa menggumpal dan tidak akan bisa digunakan saat dibutuhkan nanti.

3.Cek kondisi tabung
Pastikan tabung tidak berkarat, tidak keropos dan layak digunakan. Selain itu, kita juga perlu memeriksa selang, apakah selangnya lapuk atau selang tidak lagi elastis. Pastikan juga valve tidak macet ataupun berkarat. Valve yang berkarat berpotensi macet saat digunakan sehingga menyulitkan pengguna saat pemakaian. Dan bisa saja valve ini sudah tidak kuat dan menimbulkan kecelakaan bagi pengguna.

Cara mengecek APAR dan kelayakannya

4.Pastikan masih ada pin pengaman dan segel
Jika tidak ada pin pengaman dan segel, APAR mungkin sudah pernah digunakan. Lalu apa yang perlu kita lakukan? kita bisa melepaskan selangnya dan melihat apakah ada media isi pada pangkal selang.

Jika kita masih ragu tentang kondisi kelayakan tabung APAR kita, kita bisa membawanya ke tempat refill APAR atau penyedia jasa yang berhubungan dengan pemadam kebakaran maupun peralatan safety. Vinci fire protection juga bisa melakukan pengecekan, perawatan, dan pengisian ulang tabung pemadam. Kami sudah berpengalaman bertahun-tahun dalam menangani keperluan fire safety seperti APAR, Fire alarm dan Hydrant.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?