skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Cara Menghitung Kebutuhan APAR

cara menghitung kebutuhan apar

Alat pemadam api portabel atau yang sering disebut APAR adalah jenis peralatan pemadam kebakaran yang paling umum ditemukan di lokasi komersial dan industri. Tetapi, untuk mematuhi peraturan keselamatan kerja, jumlah keseluruhan alat pemadam yang kita butuhkan tergantung pada ukuran tempat kita. Dalam menyediaan APAR kita tidak boleh sembarangan, karena ada cara menghitung kebutuhan APAR yang akan menjadi dasar untuk penyediaan APAR.

Mungkin kita semua sebelumnya pernah bertanya-tanya, bagaimana cara menyediakan APAR dan cara menghitung kebutuhan APAR di setiap ruangan? Tidak mungkin kita mengira-ngiranya kan, karena ada cara-cara dan ketentuan tersendiri untuk menyediakan APAR.

Cara menghitung kebutuhan APAR adalah dengan mengetahui luas bangunan yang akan diproteksi. Dan yang terpenting kita harus tahu kebutuhan unit APAR yang harus disediakan, jangan sampai kita salah memilih jenis APAR yang mengakibatkan proteksi kurang maksimal pada aset kita. Selain itu, kita juga perlu mengetahui rating APAR. Apa itu rating APAR? Kemampuan alat pemadam untuk memadamkan kebakaran yang diberi kode huruf dan angka contohnya 2A 10B, 3A 15B, 4A 20B dsb. Huruf menunjukkan kelas kebakaran & Jumlah yang menunjukkan ukuran api yang dapat dipadamkan.

cara menghitung kebutuhan apar

Contohnya, untuk ruangan seluar 500m2 diperlukan 3x13A Alat pemadam. Jika di kalkulasi itu setara dengan 3 tabung APAR 12kg atau 6 tabung APAR 6kg. Perlu juga kita ketahui bahwa setiap merek APAR memiliki rating yang berbeda-beda jadi kita perlu bijak dalam memilih APAR.

Perkantoran, mall, rumah sakit
Setiap ruangan perkantoran yang berukuran 200 meter persegi sebaiknya diberi APAR dengan media powder dengan berat 6 kg. Lalu ruangan terusan seperti koridor diberikan APAR powder seberat 6 kg tiap 20 meter.

Kilang minyak dan kapal
Kilang minyak dan kapal sebaiknya juga dilengkapi dengan APAR dengan media foam. Disarankan juga di setiap ruangannya diberi APAR dengan ukuran 3 kg dengan media powder.

Ruangan berpartisi, kamar, ruang kantor
Ruangan berpartisi seperti kantor dan kamar tidur sebaiknya juga dilengkapi dengan alat pemadam api ringan. Disarankan juga di setiap ruangannya diberi APAR dengan ukuran 3 kg dengan media powder.

Ruangan alat elektronik atau laboratorium komputer
Ruangan dengan banyak alat elektronik seperti ruangan penyimpanan genset, sangat rawan terjadi kebakaran. Maka dari itu disarankan untuk menyiapkan 2 jenis APAR untuk memproteksi aset di ruangan ini. 2 jenis APAR tersebut adalah APAR powder dengan ukuran 4 kg dan APAR CO2/gas clean agent dengan ukuran 6 kg.

Area industri dan gardu listik
Potensi kebakaran di area ini cukup besar, mengingat area yang harus diproteksi cukup luas. Maka , harus disiapkan 2 jenis APAR. Yaitu APAR powder dengan muatan yang besar dan APAR dengan media CO2 berukuran 9 kg.

Kita perlu tahu jenis APAR untuk proteksi optimal pada aset kita.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?