skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Cara Penggunaan Selimut Api / Fire Blanket

Cara Penggunaan Selimut api/ Fire Blanket

Cara pengunaan Selimut Api. Setiap pemilik rumah, restoran atau perusahaan, pabrik harus mempertimbangkan untuk memiliki selimut api di tempat mereka karena Anda tidak akan pernah tahu kapan selimut api/ fire blanket akan dibutuhkan. Tentu saja, penting untuk memastikan kelayakan selimut api/ fire blanket bila tidak digunakan. Dengan cara ini, kondisi selimut api akan baik jika digunakan dalam situasi darurat. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut mengenai cara penggunaan Selimut api atau Fire Blanket.

cara penggunaan selimut api / fire blanket

Dimana saya Menyimpan Selimut Api?

Biarkan selimut api/ fire blanket ada di dalam plastik tempat nya, jadi kondisinya bisa tetap kering. Pastikan bahwa selimut api disimpan di lokasi yang nyaman di mana ia berada di jauh dari jangkauan anak-anak. Jika selimut ini digunakan di rumah, dapur selalu menjadi tempat terbaik untuk menyimpan selimut. Lagi pula, ini adalah tempat yang paling mungkin terjadi api.

Jangan sekali-kali menyimpan selimut di dekat kompor karena ini adalah tempat api biasanya akan berasal. Sebagai gantinya, simpan selimut api di dekat pintu masuk dapur. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan selimut api saat hendak masuk ke dapur.

Apakah selimut api bisa memadamkan semua jenis kebakaran ?

jawabannya Tidak!Selimut api hanya bisa memadamkan kelas kebakaran;
A (Bahan padat), seperti kayu, kain, kertas, plastik dan lain-lain (penggunaan terbatas bergantung pada skala api kebakaran).
B (Bahan cairan mudah terbakar), seperti bensin, tiner, terpentin, dan lain-lain (penggunaan terbatas bergantung pada skala api kebakaran).

Skenario lain dimana selimut api bisa digunakan adalah pada pakaian. Bila pakaian yang dikenakan seseorang terbakar, sangat penting jika api dipadamkan dengan aman. Selimut api memberikan solusi bagus untuk situasi ini dan harus digunakan dalam situasi ini. Letakan selimut api di sekeliling tubuh untuk memadamkan api tersebut.

Cara penggunaan selimut api lain yang mungkin Anda pertimbangkan untuk menggunakan selimut api ini adalah seseorang yang perlu diangkat. Selimut api sendiri cukup kuat untuk membawa seseorang, baik dengan meletakkannya di atas selimut dan menyeretnya keluar dari pintu atau dengan bersamaan orang lain yang dapat membantu mengangkat selimut itu kemana keadaan lebih aman.

Dalam kasus kebakaran di tempat yang yang jauh dari seseorang, letakkanlah selimut tersebut di atas api. jangan membuang atau melempar selimut ke api. Api tidak akan cepat padam. Ingat bahwa selimut api hanya cocok untuk kebakaran kecil. Idealnya, selimut api menghentikan api kecil agar tidak menjadi besar. Jika ada bahaya ledakan di dekat api seperti botol gas segera mengevakuasi daerah dan menghubungi layanan darurat.

Apa selimut api memiliki masa kedaluwarsa?

Sebetulnya selimut api tidak memiliki masa kedaluwarsa, namun ada beberapa selimut api yang memerlukan penggantian dan hanya sekali pakai. Beberapa produsen merekomendasikan untuk mengganti selimut api setelah digunakan untuk memadamkan api. Tetapi ada juga selimut api yang dapat digunakan berulang-ulang setelah digunakan untuk memadamkan api.

Apa saja tipe selimut api?

selimut api biasa disebut juga dengan fire blanket. Tipe selimut api dapat Anda lihat dari ukurannya. Umumnya, selimut api terdiri dari ukuran 1m x 1m, 1,2m x 1,2m, 1,2m x 1,8m, dan 1,8m x 1,8m. Ukuran dan spesifikasi selimut apai mempengaruhi harga selimut api/ fire blanket. Untuk selimut api ukuran paling kecil dapat digunakan jika terjadi kebakaran di dapur atau kebakaran kecil di area rumah atau apartemen. Untuk ukuran yang lebih besar dapat digunakan di organisasi kecil seperti kantor, hotel, restoran, dan lainnya, di mana skala api sedikit lebih besar. Ada juga fire blanket dengan ukuran besar yang digunakan para profesional, yakni petugas pemadam kebakaran dan sejenisnya, untuk memadamkan api dengan skala lebih besar yang dapat mengancam jiwa dan/ atau menimbulkan kerugian, baik materi maupun nonmateri.

gambar selimut api

Jika digunakan dengan benar, ini adalah sesuatu yang bisa dengan mudah menyelamatkan nyawa orang lain. Selimut api adalah investasi satu kali yang bisa dengan mudah menyelamatkan nyawa diri Anda atau bahkan anggota keluarga. Selimut api Ini terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar. Penting untuk mengganti selimut api jika sudah pernah digunakan. Hal ini juga baik untuk memilikinya diperiksa secara teratur.

Banyak orang membuat kesalahan dengan meletakkannya di atas lemari atau tempat lain di tempat yang sulit diakses. Ini jelas sesuatu yang ingin Anda simpan di tempat yang nyaman setiap saat. Lagi pula, Anda tidak akan pernah tahu kapan api akan meledak dan Anda akan terburu-buru untuk menjaganya.

Cara penggunaan selimut api

  • Pertama lihat dahulu seberapa besar api kebakaran. Sebelum memutuskan menggunakan selimut api, perhatikan juga seberapa besar api kebakaran. selimut api hanya diperuntukkan untuk api kecil atau api yang ukurannya tidak lebih besar dari jangkauan yang sanggup ditutupi selimut api ini sendiri.
  • Pastikan tangan dan lengan Anda terlindungi dari bahaya api. Sebelum menggunakan selimut api, setidaknya kenakan sarung tangan anti api atau bungkus tangan Anda dengan salah satu bagian pada selimut api ini. Maka, sangat disarankan untuk menyimpan selimut api dekat dengan sarung tangan anti api
  • Tarik kedua pita pada selimut api sampai keseluruhan selimut api keluar dari tempat penyimpanannya
    Atur posisi Anda mendekati titik api dan posisikan selimut api pada sisi lengan Anda. Pastikan posisi Anda sudah tepat dan tidak tertutup untuk melihat titik api
  • Setelah merasa posisi Anda sudah tepat, segera tutup secara perlahan seluruh area yang terbakar dengan selimut api ( jangan melemparnya).
    Bila memungkinkan, segera matikan sumber panas, seperti mematikan arus listrik, mematikan kompor, oven, dan sebagainya.
  • Segera melangkah menjauh dari area terbakar dan biarkan selimut api menutupi sumber api selama 30 menit lebih untuk membuat area tersebut aman dan membuat api tidak menyala kembali
    Selama menunggu proses pemadaman, Anda bisa menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk datang menolong apabila usaha pemadaman nantinya tidak berhasil
  • Setelah melewati waktu yang cukup, angkat kembali selimut api Anda secara perlahan dan hati-hati. Posisikan diri Anda searah dengan arah angin (jangan melawan arah angin). Bila api sudah benar-benar padam, bersihkan selimut api dan area yang sebelumnya terbakar.

Adanya fire blanket ini akan melengkapi sistem proteksi kebakaran baik di rumah, apartemen, kantor, hotel, restoran, industri, bengkel, dll. yang bisa digunakan baik untuk pemadaman kebakaran maupun penyelamatan.Semoga artikel kami cara penggunaan selimut api dapat bermanfaat bagi pembaca.

Apabaila anda membutuhkan selimut api atau fire blanket silahkan langsung hubungi kami atau bisa langsung ke kantor kami. Kami menyedikan berbagai macam safety equipment yang berhubungan dengan alat pemadam kebakaran.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?