skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Fungsi MCFA pada fire alarm system

Fungsi MCFA pada fire alarm system

Master Control Fire Alarm atau yang disebut juga MCFA adalah sebuah perangkat keras yang terdapat dalam instalasi fire alarm system. Sekarang ini instalasi sistem alarm semakin disadari kepentingannya oleh masyarakat. Hal ini dilakukan guna mencegah kebakaran tentunya. Kebakaran adalah musibah yang tidak bisa kita prediksi kapan dan dimana terjadinya. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan tindakan pencegahan guna meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh kebakaran.

Salah satu caranya adalah dengan memasang alat pendeteksi kebakaran. Bagi kalian yang sudah memasang alat pendeteksi kebakaran ini, jangan lupa memasang panel MCFA nya juga. Lalu apa fungsi dari MCFA ini?

Fungsi Master Control Fire Alarm (MCFA) pada fire alarm system

Fungsi Master Control Fire Alarm (MCFA) pada fire alarm system ini adalah untuk memberikan peringatan jikalau terjadi kebakaran. MCFA dapat mengetahui titik terjadinya kebakaran berdasarkan sinyal yang dikirimkan oleh detektor detektor yang terpasang dalam sebuah instalasi fire alarm sistem. Contohnya adalah ketika ada ruangan yang penuh asap atau ada ruangan yang suhunya meningkat. Ketika detektor asap atau detektor suhu menangkap adanya asap atau suhu yang tinggi, secara otomatis detektor akan mengirimkan sinyal pada fire alarm kontrol panel. Setelah kita pastikan ada atau tidak adanya kebakaran, kita bisa mematikan sinyal yang dikirim tadi melalui master control fire alarm ini. Intinya adalah MCFA ini berfungsi sebagai pusat kendali dari seluruh fire alarm atau detektor yang terpasang pada sebuas sistem instalasi.

Jenis Master Control Fire Alarm

Master Control Fire Alarm ini terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah master control fire alarm konventional dan yang kedua adalah master control fire alarm addressable.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?