skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Jenis dan Fungsi Hydrant Pump

Jenis dan Fungsi Hydrant Pump

Sebuah hydrant system memiliki beberapa komponen penting. masing-masing komponen mempunyai peran untuk menjalankan system hydrant. Salah satu komponen tersebut adalah hydrant pump. Hydrant pump atau yang mayoritas mengenalnya dengan pompa hidran merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai pendorong air dari tandon air (reservoir) menuju jaringan hidran. Selain pendorong air pompa hidran mempunyai fungsi sebagai pengontrol tekanan air yang dialirkan menuju jaringan hidran.

Pompa hidran sendiri memiliki 3 jenis, diantaranya adalah jockey pump, electric pump dan diesel pump. ketiga pompa tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Namun satu sama lain berkaitan dalam hire hydrant system.

Jockey Pump

Pompa ini memiliki fungsi menstabilkan tekanan air menuju jaringan hydrant dari reservoir. Jockey Pump sendiri memiliki 2 cara kerja, yaitu secara otomatis dan manual. Untuk tekanannya, jockey pump ini memiliki tekanan antara 6 sampai 8 bar.

Electric Pump

Pompa yang satu ini berfungsi sebagai pemasok air dari reservoir menuju jaringan-jaringan hidran. Electri pump sendiri bekerja menggunakan sumber tenaga listrik. Selain itu pompa ini memiliki kelebihan bekerja empat kali lipat dari pada jockey pump.

Diesel Pump

Pemadaman listrik terjadi tidak menentu, terkadang saat listrik padam kinerja pompa yang menggunakan tenaga listrik tidak mampu bekerja. Maka pompa yang satu ini memiliki fungsi sebagai pengganti electric pump saat terjadinya pemadaman listrik. Pada saat listrik padam, diesel pump memiliki fungsi sebagai pemasok air dari reservoir menuju jaringan hydrant. Namun, jika listrik hidup kembali, fungsi diesel pump menjadi penstabil tekanan air.

Ketiga jenis pompa tersebut di atur melalui panel kontrol yang memiliki fungsi untuk menjalankan dan mengontrol bekerjanya sistem hidran. Serta dalam panel kontrol memiliki fungsi sebagai pengatur tekanan air sebagai patokan dari kinerja pompa hidran.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?