skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Jenis jenis alat pemadam api

jenis jenis alat pemadam api

Kebakaran merupakan kejadian yang tidak bisa kita prediksi kapan dan dimana akan terjadi. Oleh karena itu, kita perlu mengenali benda-benda apa saja yang bisa digunakan untuk memadamkan api. Dan perlu kita ketahui juga bahwa jenis alat pemadam api dibagi menjadi 2, yaitu alat pemadam api tradisional dan alat pemadam api modern.

Alat Pemadam Api Tradisional
Alat Pemadam Api Tradisional ini ada dalam kegiatan kita sehari-hari.Ada juga yan dibuat untuk memadamkan api secara manual. Misalnya, karung goni yang basah, pasir, lumpur, ranting hidup, dan semprotan bambu.

Alat Pemadam Api Modern
Alat pemadam api modern sendiri ada beberapa macam dan memiliki kegunaan untuk memadamkan api di media yang berbeda.

Alat Pemadam Api Portable
Berdasarkan beratnya, Alat Pemadam Portable atau sering disebut juga tabung pemadam dibedakan menjadi dua jenis yaitu alat pemadam api ringan, yang biasa terdapat di tempat fasilitas umum. Kedua, alat pemadam api berat, yang perlu menggunakan troli untuk memindahkannya. Untuk APAR sendiri terdiri dari beberapa media isian seperti powder, foam, karbon dioksida, dan gas clean agent.

Hydrant
Hydrant adalah titik koneksi air dengan petugas pemadam kebakaran agar dapat memanfaatkan sebuah pasokan air . Ini adalah komponen perlindungan kebakaran aktif . Hydrant bawah tanah telah digunakan di Eropa dan Asia setidaknya sejak abad ke-18 dan Hydrant tipe pillar di atas tanah adalah penemuan abad ke-19.

jenis jenis alat pemadam

Mobil Pemadam Kebakaran
Sebuah mobil pemadam kebakaran , juga dikenal di beberapa tempat sebagai truk pemadam kebakaran atau truk pemadam kebakaran , adalah kendaraan jalan (biasanya truk ) yang berfungsi sebagai alat pemadam kebakaran . Tujuan utama dari sebuah mobil pemadam kebakaran termasuk mengangkut petugas pemadam kebakaran ke suatu insiden serta membawa peralatan untuk operasi pemadam kebakaran . Beberapa mesin pemadam kebakaran memiliki fungsi khusus, seperti pemadaman api liar dan penyelamatan serta pemadam kebakaran pesawat terbang , dan mungkin juga membawa peralatan untuk penyelamatan teknis .

Baik alat pemadam api tradisonal maupun modern keduanya sama-sama memiliki fungsi dan prinsip yang sama. Tetapi, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan dari alat pemadam api tradisional adalah kita tidak perlu mengeluarkan uang karena sudah tersedia di sekitar kita. Sedangkan untuk alat pemadam api modern lebih praktis dan lebih aman ketika digunakan untuk memadamkan api.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?