skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Penyebab Korslet Listrik – Waspada Kebakaran!

Penyebab korslet listrik bisa tidak Anda sadari. Korsleting bisa menyebabkan masalah dalam bisnis dan rumah. Korsleting tidak hanya mengganggu, tetapi korsleting yang sederhana juga dapat menyebabkan sengatan listrik dan bahkan kebakaran! Di Indonesia sendiri, kebakaran rumah karena korsleting listrik sudah sering terjadi. Oleh karena itu, korsleting listrik harus sangat diwaspadai dan tidak dianggap remeh.

penyebab korslet listrik
Man, an electrical technician working in a switchboard with fuses. Installation and connection of electrical equipment. Professional with tools in hand. concept of complex work, space for text.

Tapi apa itu korsleting? Dan apa yang menyebabkan korsleting?

Nah, korsleting adalah nama yang diberikan untuk gangguan listrik yang sangat khusus, atau bisa disebut arus pendek. Korsleting terjadi saat arus listrik tidak melewati semua kabel, dan sebaliknya, memilih jalur yang lebih pendek. Jalur itu mungkin saja melalui bahan yang mudah terbakar atau bahkan melalui manusia, itulah sebabnya korsleting menimbulkan bahaya kebakaran atau sengatan yang mematikan.

Ada dua jenis yang sama-sama termasuk korsleting, meski namanya berbeda.

1. Arus Pendek Normal

Korsleting ini terjadi ketika kabel panas yang membawa arus menyentuh kabel netral. Saat itu, resistansi akan turun seketika dan volume arus yang besar akan mengalir melalui jalur yang tidak seharusnya.

2. Arus Pendek Ground Fault

Arus pendek ground fault terjadi ketika kabel panas yang membawa arus bersentuhan dengan beberapa bagian sistem yang diarde. Ini dapat berupa kotak dinding logam yang di-ground, kabel ground kosong atau bagian peralatan yang di-ground-kan.

Penyebab Korslet Listrik yang Sering Terjadi

1. Koneksi Longgar

Dua kabel bisa saling bertemu dan menyebabkan korsleting jika sambungan kabel kendor dan melorot. Apabila Anda melihat ada kabel panas dan kabel netral bersentuhan, jangan kencangkan sendiri kabelnya, Anda bisa saja tersengat. Sebaiknya hubungi pihak yang lebih profesional.

2. Penuaan & Kabel Usang

Seiring waktu, kabel dan isolasi kawat akan mengalami keausan. Umur umum sistem kelistrikan biasanya mencapai 30-40 tahun. Jika sistem Anda lebih tua dari ini, mungkin tidak lagi aman.

Jika rumah Anda dibangun pada tahun 1970-an atau sebelumnya, rumah tersebut kemungkinan masih memiliki kabel aluminium. Aluminium lebih cepat aus dan lebih mudah panas daripada tembaga, yang membuat rumah Anda memiliki risiko kebakaran yang lebih besar. Selain itu, sistem kabel lama tidak dirancang untuk menangani jumlah listrik yang dibutuhkan pada rumah modern. Jika sistem kelistrikan rumah Anda semakin tua, mungkin sudah waktunya untuk pembaruan.

3. Pengkabelan Alat Rusak

Korsleting dapat terjadi pada peralatan listrik. Dapat melalui steker yang rusak, kabel daya yang rusak, atau kerusakan pada peralatan itu sendiri.

4. Isolasi Rusak

Kabel panas dan netral dirancang dengan isolasi dengan tujuan untuk mencegah kedua kabel bersentuhan sehingga menciptakan korsleting. Namun, seiring waktu, isolasi ini dapat aus atau rusak. Berhati-hatilah saat Anda secara tidak sengaja menempatkan paku dan lubang sekrup di dinding agar Anda tidak melubangi kabel listrik. Juga perhatikan apakah ada hama melalui isolasi dan kabel dengan cara memeriksa celah-celah ruangan secara teratur dan perbaiki celah atau lubang yang Anda lihat di seluruh rumah Anda.

Itulah beberapa penyebab korslet listrik. Hendaknya kita memproteksi aset seperti rumah, mobil, dll lebih awal dengan memasang APAR sehingga dapat meminimalisir kerugian. Selain itu, memproteksi aset yang kita gunakan berarti sekaligus mengurangi kemungkinan jatuhnya korban jiwa.

Miliki APAR dengan kulaitas yang terjamin dari Vinci Fire Protection. Tersedia berbagai jenis dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ada. Untuk info lebih lanjut, segera hubungi kami.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?