skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Penyebab Mobil Terbakar – Mengapa Bisa Terjadi?

Penyebab mobil terbakar bisa terjadi karena banyak hal. Sebagian besar ditimbulkan dari masalah mekanis atau elektrik. Panas dari peralatan bertenaga, mesin atau drivetrain, dan percikan api dari gesekan atau busur listrik menyebabkan 2 dari 3 kebakaran kendaraan. Merokok atau jenis api terbuka lainnya menyebabkan 7 persen kebakaran.

penyebab mobil terbakar
Penyebab Mobil Terbakar di Jalan

Berikut 9 Penyebab Mobil Bisa Terbakar.

1. Kecelakaan mobil

Saat ini mobil telah dirancang dengan baik dengan zona yang melindungi bagian-bagian penting seperti mesin, baterai, dan tangki bensin jika terjadi kecelakaan. Tetapi ketika kendaraan menabrak kendaraan yang lebih kecil, kemungkinan kebocoran cairan yang mendekati panas lebih mungkin terjadi.

2. Kebocoran Sistem Bahan Bakar

Kebocoran sistem bahan bakar merupakan hal yang sangat berbahaya. Bensin adalah cairan paling korosif dan mudah terbakar yang ada pada mobil. Ini dapat mempercepat merambatnya percikan api.

3. Kegagalan Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan mobil dijalankan dari kap, ke seluruh kendaraan – termasuk ke pintu, di bawah karpet, dan melalui kursi listrik. Kebakaran bisa terjadi jika terdapat kabel yang salah atau baterai yang buruk.

4. Perawatan yang Buruk

Lupa atau lalai merawat kendaraan dapat menjadi salah satu penyebab mobil terbakar. Membiarkan bagian yang rusak, kabel yang salah, atau segel yang bocor tanpa memperbaikinya dapat menciptakan kondisi yang mudah terbakar.

5. Cacat Desain

Meskipun cacat desain sangat kecil kemungkinannya menjadi penyebab mobil terbakar, cacat tersebut dapat menciptakan kondisi yang akhirnya menyebabkan kebakaran.

6. Baterai Kendaraan Listrik dan Hibrid

Perusahaan seperti Tesla Motors pada awalnya mengklaim baterai kendaraan listrik dan hybrid kebal terhadap masalah, ternyata tidak. Dari kendaraan tersebut, bisa saja cairan pendingin yang bocor berinteraksi dengan baterai yang rusak hingga menimbulkan percikan api.

7. Konverter Katalitik Terlalu Panas

Salah satu bagian yang paling panas dari sebuah mobil adalah sistem pembuangannya. Konverter katalitik bisa menjadi terlalu panas jika bekerja terlalu keras untuk membakar polutan buangan. Jika catalytic converter dibiarkan terus menerus mengalami panas yang berlebih, ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian sekitarnya dan mengakibatkan kebakaran.

8. Mesin Terlalu Panas

Meskipun mesin yang terlalu panas kemungkinan besar tidak akan terbakar, namun hal itu dapat meningkatkan suhu cairan seperti oli dan cairan pendingin. Cairan tersebut dapat menyebar ke seluruh ruang mesin dan menyala jika cairan tersebut sudah keluar dari tempat yang seharusnya.

9. Cairan Tertumpah

Kendaraan tipikal memiliki sejumlah cairan yang mudah terbakar. Yang paling umum termasuk bensin, oli mesin, minyak transmisi, minyak rem, dan minyak power steering. Kebakaran dapat terjadi jika kecelakaan mobil menyebabkan satu atau lebih cairan tersebut bocor, kebakaran bisa saja terjadi.

Bagaimana Untuk Mengantisipasi Kebakaran Pada Mobil?

Memasang APAR adalah jawaban yang paling tepat. APAR tidak hanya bisa digunakan untuk memproteksi bangunan atau ruangan. Memasang APAR pada mobil akan sangat berguna untuk mengurangi kerugian yang diakibatkan dari kebakaran tersebut.

Ingin mencari APAR untuk mobil Anda? Kami jual tabung pemadam untuk mobil . Jika alat pemadam Anda sudah waktunya di refill, silahkan langsung hubungi kami. Kami segera membantu untuk menyelesaikannya.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?