skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

TIPE-TIPE HEAT DETECTOR

TIPE-TIPE HEAT DETECTOR

Heat detector mempunyai beberapa jenis yang digunakan pada alarm kebakaran. Alat pendeteksi panas berbeda dengan alat pendeteksi asap. Alat pendeteksi panas memiliki 2 tipe, yaitu alat pendeteksi panas suhu tetap dan ROR (Rate of Rise. Keduanya memiliki pengaplikasian yang berbeda. Karena pentingnya mendeteksi pemicu kebakaran secara dini, pastikan untuk memahami cara kerja alat pendeteksi (detector). Memasang alat pendeteksi harus dipasang secara profesional. Agar menjadi maksimal kinerja nya.

Alat pendeteksi panas bekerja merespon api. detektor panas adalah komponen yang berguna untuk mendeteksi api dalam sebuah ruangan. Alat pendeteksi asap konvensional dapat dipicu oleh faktor lingkungan seperti perubahan suhu,kelembapan, dan serangga. Hadirnya alat pendeteksi panas ditujukan untuk tempat dimana alat pendeteksi asap tidak sesuai. Alat pendeteksi panas dapat digunakan pada ruangan yang memiliki rentan terjadinya kebakaran, Seperti Dapur, Loteng, Ruang Bawah Tanah, Garasi.

Jangan memasang alat pendeteksi panas pada tempat yang memiliki kelembaban tinggi, seperti kamar mandi, mesin cuci, fentilasi udara, fentilasi pemanas dan pendingin karena mampu mencegah panas memasuki alat pendeteksi sehingga mengganggu kinerja detector.

Detektor Panas Suhu Tetap

Ini adalah jenis detektor panas yang paling umum. Detektor suhu tetap beroperasi saat elemen sensitif panas mencapai titik eutektik yang mengubah keadaan dari padatan menjadi cairan. Thermal lag menunda akumulasi panas pada elemen sensitif sehingga perangkat suhu tetap akan mencapai suhu operasinya sekitar setelah suhu udara di sekitarnya melebihi suhu tersebut.

Detektor Panas Rate-of-rise

Detektor panas Rate-of-Rise (ROR) beroperasi pada kenaikan cepat suhu elemen 12 ° sampai 15 ° F (67 ° sampai 83 ° C) meningkat per menit, terlepas dari suhu awal. Jenis detektor panas ini dapat beroperasi pada kondisi kebakaran suhu yang lebih rendah daripada yang mungkin dilakukan jika ambang batas ditetapkan. Ini memiliki dua termokopel / termistor panas-sensitif. Satu termokopel memonitor panas yang ditransfer melalui konveksi atau radiasi. Yang lain merespons suhu lingkungan. Detektor merespons saat suhu pertama meningkat relatif terhadap yang lain

Tingkat pendeteksi naik mungkin tidak merespons tingkat pelepasan energi rendah yang perlahan mengembangkan kebakaran. Untuk mendeteksi detektor kombinasi api yang perlahan mengembangkan menambahkan elemen suhu tetap yang pada akhirnya akan merespons bila elemen suhu tetap mencapai ambang batas desain.

Pemilihan Detektor Panas

Detektor panas biasanya memiliki label pada mereka yang mengatakan “Bukan perangkat pengaman kehidupan”. Itu karena detektor panas tidak dimaksudkan untuk mengganti detektor asap di kamar tidur atau di lorong di luar kamar tidur. Detektor panas tetap memberitahukan adanya kebakaran di area dapur atau utilitas (yaitu, ruang cuci, garasi, atau loteng), di mana detektor asap tidak boleh dipasang. Ini akan memungkinkan waktu tambahan untuk mengevakuasi bangunan atau memadamkan api jika memungkinkan.

Detektor panas mekanis adalah stasiun peringatan kebakaran independen yang – tidak seperti detektor asap – dapat dipasang di area manapun di rumah. Portabilitas, kemudahan pemasangan, dan kinerja dan keandalan yang sangat baik menjadikannya pilihan yang baik untuk perlindungan kebakaran perumahan bila dikombinasikan dengan detektor asap yang dibutuhkan. Karena detektor tidak saling berhubungan, aktivasi panas mengidentifikasi lokasi api, memudahkan evakuasi dari rumah.

Setiap jenis detektor panas memiliki kelebihan, dan tidak dapat dikatakan bahwa satu jenis detektor panas harus selalu digunakan dan bukan yang lain. Jika Anda menempatkan detektor panas tingkat-naik di atas oven besar yang tertutup, maka setiap kali pintu dibuka, alarm gangguan bisa terjadi karena adanya transien panas yang tiba-tiba. Dalam keadaan ini detektor ambang tetap mungkin akan menjadi yang terbaik. Jika ruangan yang penuh dengan bahan yang mudah terbakar dilindungi dengan detektor panas tetap maka api yang menyala cepat bisa melebihi ambang batas alarm karena lag termal. Dalam hal ini detektor panas laju kenaikan sering disukai.

Jika Anda membutuhkan heat detector kami menyediakan tipe heat detector sesuai dengan kebutuhan Anda. Silahkan segera kontak kami.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?