skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Bagaimana Cara Kerja Alat Pemadam Sprinkler?

Bagaimana Cara Kerja Alat Pemadam Sprinkler?

Sebagian orang beranggapan bahwa alat pemadam sprinkler disebabkan oleh asap ataupun alarm. Sebenarnya suhu panas yang sangat tinggi adalah pemicu sebagian besar sistem alat pemadaman sprinkler. Masing-masing sprinkler diaktifkan secara terpisah berdasarkan areanya masing-masing. Hal tersebut meminimalisir potensi kerusakan air di seluruh bangunan. alat pemadam sprinkler sendiri memiliki lima jenis, yaitu wet pipe system (basah), dry pipe system (kering), deluge system, pre-action system dan combiner dry pipe.

Sprinkler sendiri sangatlah penting untuk sistem pemadaman api di sebuah gedung perkantoran, rumah sakit dan lain-lain. Alat pemadam sprinkler berfungsi secara otomatis dalam memadamkan api di sebuah ruangan. Saat api menyala, udara yang ditimbulakan oleh kebakaran akan sangat cepat memanas. Udara panas tersebut akan terdorong ke atas, ke samping, atau ke seluruh bagian ruangan tersebut. Saat udara mencapai titik suhu tertentu (Sekitar 68° C, atau 121° C), cairan di dalam bohlam bereaksi hingga mengakibatkan kaca pelindung tersebut pecah.

Wet Pipe System

Dalam sistem pemadam api sprinkler basah, air di dalam pipa penyalur memiliki tekanan dan memaksa air untuk menyemprot keluar ke deflektor. Air akan terus mengalir hingga katup utama pada sprinkler tertutup atau sampai suplai air tersebut habis.

Dry Pipe System

Sedangkan sistem pemadam api sprinkler kering, memiliki sistem yang sama dengan wet pipe system. Sama namun berbeda, Dry Pipe System menghubungkan sprinkler dengan nitrogen. Saat sprinkler mengidentifikasi adanya panas pada suhu ruangan, maka sprinkler akan menembakan nitrogen.

Deluge System

Pada sistem ini sprinkler dihubungkan langsung oleh sistem pipa menuju sumber air. Dengan kata lain beberapa pipa sprinkler langsung terhubung ke sumber air. Sehingga saat terjadi kebakaran akan mengaktifkan seluruh fire sprinkler.

Pre-Action System

Sistem pemadaman api ini menyambungkan sprinkler otomatis yang di dalamnya berisi udara, baik memiliki tekanan maupun tidak.

Combiner Dry Pipe

Dari namanya sudah bisa kita ketahui bahwa sistem sprinkler ini adalah sistem kombinasi antara jenis wet pipe dan dry pipe. Pada sistem ini semua pipa baik itu wet pipe ataupun dry pipe memiliki tekanan udara. Maka saat sprinkler aktif, katup valve pada sistem akan terbuka dan menembakan air serta udara keluar.

Pemasangan sistem pemadam api sprinkler ini tidak sembarang orang bisa mengerjakannya. Pasalnya untuk pemasangan sistem pemadaman api sprinkler sendiri harus beracuan pada standar yang sudah di tentukan. Dengan standar keamanan yang sudah di tentukan yaitu SNI 03-3989-2000.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?