skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Jenis Bahan Isi Tabung Pemadam Kebakaran

Jenis Bahan Isi Tabung Pemadam Kebakaran

Alat pemadam kebakaran dirancang untuk mengatasi jenis api tertentu. Menurut peraturan pemerintah Indonesia yang mengatur kelas kebakaran, Ada 4 kelas kebakaran yang berbeda dan beberapa jenis bahan isi tabung pemadam kebakaran berbeda.

jenis bahan isi tabung pemadam kebakaran

Kelas Kebakaran

Kelas A – kebakaran yang melibatkan bahan padat seperti kayu, kertas, karton atau tekstil.
Kelas B – kebakaran yang melibatkan cairan yang mudah terbakar seperti bensin, solar, cat, tiner atau minyak.
Kelas C – kebakaran yang melibatkan aparatus listrik hidup seperti panel listrik, komputer, generator atau kebakaran yang disebabkan arus pendek
Kelas D – kebakaran yang melibatkan logam seperti magnesium, serbuk aluminium.

Jenis bahan isi tabung pemadam kebakaran

Jenis bahan isi tabung pemadam Air

Jenis bahan isi tabung pemadam kebakaran dengan air adalah salah satu cara yang paling efektif untuk melawan kebakaran Kelas A, yang dipicu oleh bahan padat seperti kertas, kayu dan tekstil.

Ada empat jenis alat pemadam air: water jet, water spray, air dengan aditif dan kabut air atau kabut.

  • Alat pemadam Water Jet bekerja dengan menyemprotkan semburan air ke bahan yang terbakar, mendinginkannya dan mencegah pengapian kembali. Jenis tabung pemadam ini tidak boleh digunakan pada peralatan listrik.
  • Alat pemadam Water Spray menggunakan semprotan air yang sangat halus, masing-masing tetesan dikelilingi oleh udara yang tidak konduktif. Kebanyakan alat pemadam Water Spray membawa telah melui tes pengujian dielektrik 35 kV yang berarti telah diuji pada sumber listrik 35.000 Volt pada jarak satu meter.
  • Alat pemadam air  dengan aditif adalah alat pemadam yang berisi air dengan tambahan bahan kimia berbusa. Air kehilangan tegangan permukaan alaminya sehingga bisa merendam bahan bakar lebih efektif. Dengan menambahkan bahan kimia ke air berarti bahwa tabung pemadam yang lebih kecil dapat menghasilkan rating api yang sama dengan pemadam air yang lebih besar.
  • Alat pemadam Water Mist, atau kabut, alat pemadam ini menggunakan air dalam bentuk kabut, tetesannya jauh lebih kecil daripada yang berasal dari alat pemadam Water Spray. Semakin kecil tetesan, semakin besar luas permukaannya dalam kaitan dengan ukurannya, tetesan akan menguap semakin cepat dan menyerap energi panas lebih cepat. Kelemahannya adalah tetesan yang lebih kecil beratnya akan semakin kurang dan oleh karena itu awan airnya kurang kuat.

Jenis bahan isi tabung pemadam FOAM AFFF, AR-AFFF/ Super Busa

Alat pemadam api busa dapat digunakan pada kebakaran Kelas A dan B. Mereka paling cocok untuk memadamkan api cair seperti bensin atau solar dan lebih serbaguna daripada alat pemadam api air karena bisa juga digunakan pada benda padat seperti kayu dan kertas. Busa / Foam memadamkan api cair dengan menutupi permukaan cairan, mencegah uap yang mudah terbakar mencapai udara dan membiarkan api bahan bakar meleleh. Alat pemadam api jenis Foam tidak cocok untuk digunakan pada kebakaran listrik.

 

Jenis bahan isi tabung pemadam Powder/ Serbuk Kimia Kering

Alat pemadam powder adalah alat pemadam api serbaguna yang baik karena bisa digunakan pada kebakaran Kelas A, B dan C. Mereka juga bisa digunakan pada kebakaran yang melibatkan peralatan listrik, namun mereka tidak mendinginkan api sehingga bisa menyala kembali. Alat pemadam bubuk juga bisa membuat hilangnya visibilitas dan bisa menimbulkan masalah pernapasan. Mereka umumnya tidak direkomendasikan untuk digunakan di dalam bangunan kecuali sama sekali tidak ada alternatif lain.

Jenis bahan isi tabung pemadam karbondioksida (CO2)

Alat pemadam CO2 ideal untuk tempat dengan banyak peralatan listrik seperti kantor atau ruang server karena aman digunakan pada kebakaran yang melibatkan perangkat listrik. Alat pemadam karbon dioksida tidak meninggalkan residu apapun, tidak seperti pemadam busa/ foam ataupun Powder. Mereka juga dapat digunakan pada kebakaran Kelas B, yang melibatkan cairan mudah terbakar seperti parafin atau bensin. Alat pemadam CO2 bekerja dengan cara memutus rangkaian reaksi api dan memotong suplai udara.

Jenis bahan isi tabung pemadam Gas Clean Agent

Tabung pemadam Clean Agent meliputi agen halokarbon yang terbaru serta mempunyai ozon depleting sebagai gas pengganti halon. Tabung pemadam Gas Cleant Agent memadamkan api dengan menginterupsi reaksi kimia dan / atau menghilangkan panas dari segitiga api.

Alat pemadam api ini bersifat bersih dan efektif pada kebakaran Kelas A, B dan C. Tabung Pemadam Clean Agent berukuran kecil yang tidak cukup besar untuk mendapatkan rating 1A, hanya boleh memadamkan  kebakaran Kelas B dan C.

 

Selimut api / Fire Blanket

Selimut api terutama digunakan pada kebakaran minyak panas seperti panci penggorengan atau penggorengan lemak dalam kecil. Mereka juga bisa digunakan pada seseorang yang pakaiannya terbakar. Fire Blanket bekerja dengan cara memutus api, menghentikan akses ke oksigen yang memicu api dan memadamkannya.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?