skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Mengenal Apa Itu Foam Suppression System

Foam Suppression System

Foam Suppression System adalah salah satu proteksi kebakaran otomatis yang menggunakan media isi foam atau busa. Memasang instalasi proteksi kebakaran ini terbukti efektif dalam memadamkan api. Media busa ini berbentuk gelembung kecil berisikan udara yang mempunyai kerapatan lebih rendah dibandingkan air.
Foam suppression system dirancang khusus untuk mengoptimalkan perlindungan kebakaran dalam lingkungan industri, dimana menjadi salah satu tempat dengan resiko kebakaran yang tinggi. Foam system biasa digunakan untuk memadamkan jenis kebakaran kelas b. Kebakaran kelas B disebabkan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar, contohnya seperti minyak, bahan bakar, pelumas, hingga cairan kimia yang berbahaya sekalipun.
Bagaimana Foam Suppression System Bekerja?
Foam System dapat bekerja dengan baik jika semua komponen yang terlibat didalamnya dalam keadaan optimal. Beberapa komponen penting yang mengusung adalah fire pump, sumber air, air foam concentrate, foam maker, foam discharge outlet control panel, pipa, dan lain sebagainya. Foam suppression system beroperasi dengan melepaskan busa ke area terdampak kebakaran. Dalam istilah teknisnya, media busa tersebut membungkus bahan bakar dan mendinginkan api untuk mencegah masuknya oksigen.
Sistem instalasi ini dapat diaktifkan secara otomatis atau secara manual oleh petugas keamanan. Saat instalasi foam sistem aktif, media busa akan keluar melalui sprinkler atau nozzle yang terhubung dengan sistem terkait. Foam tersebut menyebar dan membentuk lapisan tebal untuk memadamkan api. Foam suppression system bekerja berdampingan dengan fire alarm system membentuk sebuah kesatuan proteksi yang lengkap.
Apa Manfaat Memasang Instalasi Foam Suppression System?
  1. Sistem penggunaan foam suppression sangat fleksibel karena dapat diintegrasikan dengan sistem deteksi kebakaran lainnya
  2. Media isinya dapat dengan mudah dibersihkan dan bisa terurai sendiri
  3. Minim dampak negatif dan aman digunakan
  4. Media busa yang dikeluarkan dapat dengan cepat menyebar pada area yang terindikasi kebakaran
  5. Anggaran pemasangan dan perawatannya lebih hemat jika dibanding media liquid gas
Inspeksi Perawatan dan Maintenance Foam Suppression System
Setiap hal yang berkaitan dengan sistem, sudah pasti dilakukan inspeksi guna mengetahui apakah ada salah komponen sistem yang rusak, sehingga dapat mengakibatkan kurangnya kinerja pada sistem yang terinstal. Berikut inspeksi perawatan dan maintenance foam suppression system:
  1. Melakukan inspeksi secara rutin sesuai dengan periodenya
  2. Memeriksa semua komponen pada instalasi foam suppression system
  3. Pemeriksaan terhadap tangki konsentrat busa guna memastikan komponen dapat berfungsi dengan normal
  4. Melakukan perbaikan jika terdapati adanya komponen rusak saat pengecekkan
Dimana Bisa Memasang Instalasi Foam Suppression System?
Untuk melengkapi proteksi bangunan, anda dapat mempercayakan Vinci Fire Protection sebagai kontraktor yang bisa melakukan instalasi serta maintenance foam suppression system.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?