skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

APAR Powder dan Co2 – Apa Perbedaannya?

apar powder dan co2

APAR Powder dan CO2 tentu sangat berbeda. Saat memilih alat pemadam, kita disuguhkan berbagai macam jenis APAR dan ukuran yang bervariatif. Yang sering kita temui di antaranya adalah APAR (Alat Pemadam Api Ringan) jenis Powder dan Co2 (Karbon Dioksida). Kita tidak boleh asal-asalan dalam memilih APAR, karena setiap jenis APAR memiliki sifat yang berbeda-beda. Kita perlu menyesuaikan dengan apa yang kita butuhkan dan ruangan yang ingin kita proteksi. Lalu, apa perbedaan dari dua jenis APAR tersebut? Simak artikel ini sebelum memutuskan pilihan APAR yang paling sesuai untuk Anda.

APAR Dry Chemical Powder

Alat pemadam dry chemical powder memadamkan api dengan cara melapisi bahan yang terbakar dengan lapisan tipis powder/bubuk, sehingga dapat memisahkan bahan bakar dari oksigen di udara. Serbuk/bubuk ini juga berfungsi untuk menghentikan reaksi kimiawi pada api, sehingga alat pemadam jenis dry chemical powder ini sangat efektif untuk memadamkan api.

Jenis kebakaran apa saja yang dapat dipadamkan dengan Dry Chemical Powder?

  • Kebakaran Kelas A yang merupakan “bahan bakar biasa” seperti kayu, kertas, kain, karet dan banyak plastik.
  • Kebakaran Kelas B yang berupa cairan, minyak, gemuk, ter, cat berbahan dasar minyak, dan gas yang mudah terbakar yang mudah terbakar.
  • Kebakaran Kelas C yang berupa peralatan berenergi listrik.

Alat pemadam ini banyak dipasang di berbagai lokasi. APAR ini sering kita temui di lorong umum suatu bangunan. Mereka juga dapat ditemukan di laboratorium, ruang mekanik, ruang istirahat, area penyimpanan bahan kimia, kantor, kendaraan universitas, dll.

KEUNTUNGAN

  • Cepat Padam – Dry Chemical Powder jika diaplikasikan dengan benar dan pada ukuran juga daya padam yang sangat baik, memiliki kemampuan untuk memadamkan api yang cepat.
  • Non-Konduktor Listrik – Dry Chemical Powder dapat digunakan dengan aman pada suatu kondisi ketika diketahui atau dicurigai adanya peralatan listrik ‘hidup’.
  • Tidak Menimbulkan Sengatan Panas – Karena penggunaan dry chemical powder pada logam panas tidak menyebabkan sengatan panas, ini sangat berguna untuk menangani kebakaran yang melibatkan rakitan rangka bawah.
  • Pelindung Panas Yang Baik – Penyemprotan bubuk kering menciptakan perisai yang efektif terhadap panas yang terpancar. Ketika dry chemical powder disemprot dalam jumlah besar, hal tersebut kemungkinan dapat melindungi bangunan dan barang-barang di sekitarnya dari efek kebakaran yang merusak.
  • Berbagai Macam Penggunaan – Alat pemadam bubuk kering dapat digunakan pada kebakaran kelas A, B dan C.
  • Kisaran Suhu yang Luas – Biasanya dapat digunakan antara -20oc hingga + 60oc.

APAR Karbondioksida (CO2)

Alat pemadam jenis CO2 mengandung karbondioksida murni yang merupakan alat pemadam yang bersih serta tidak meninggalkan residu. Cocok untuk kebakaran cairan yang mudah terbakar kelas B (bensin, oli, pelarut), dan APAR jenis ini juga sangat cocok untuk lokasi di mana terdapat banyak peralatan listrik dan berisiko terjadinya kebakaran listrik, seperti kantor. APAR jenis CO2 sangat aman digunakan pada peralatan listrik.

APAR Karbondioksida (CO2) dapat dikenali dengan melihat pada label hitam yang ada di tabungnya. Alat pemadam jenis CO2 memadamkan api dengan cara mengganti oksigen yang mengelilingi api dengan karbondioksida. APAR CO2 mengandung karbondioksida dalam bentuk cair, dan ketika APAR ini digunakan, cairan dilepaskan ke udara menetralkan oksigen pada api, menghentikan api untuk menyebar sehingga api tidak dapat lagi menyala.

CO2 sedingin es ketika dilepaskan dari alat pemadam api. Pengguna harus sangat berhati-hati dalam menggunakan APAR jenis ini.

KEUNTUNGAN

  • CO2 adalah gas non korosif, tidak mengandung bahan padat sehingga bahan pemadamnya yang sangat bersih. Setelah digunakan pun tidak perlu membersihkan.
  • CO2 tidak menghantarkan listrik, sehingga aman untuk memadamkan ruangan yang banyak bertenaga listrik.
  • Tidak meninggalkan residu apapun. Alat pemadam CO2 bagus untuk digunakan di dapur karena memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengkontaminasi area penyiapan makanan.
  • Memiliki masa pakai terpanjang dari sebagian besar alat pemadam

Baik APAR jenis Dry Chemical Powder maupun Karbondioksida (CO2) dapat Anda temukan di Vinci Fire Protection. Selain itu, Anda juga dapat mengisi ulang tabung APAR Anda sesuai dengan jenis isi yang Anda inginkan. Anda tidak perlu meragukan kualitas kami, karena pekerjaan ditangani tenaga yang sangat berpengalaman.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?