skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Jenis-jenis Nozzle Hydrant Pemadam

Jenis-jenis nozzle hydrant.

Pengertian

Untuk menangani insiden kebakaran tentu kita membutuhkan banyak sekali komponen, terlebih jika kebakaran yang terjadi begitu besar. Tidak hanya cukup menggunakan APAR, kebakaran besar setidaknya membutuhkan sistem hydrant. Sistem hydrant yang memiliki jangkauan yang lebih luas dan persediaan air yang melimpah akan sangat memudahkan dalam pemadaman kebakaran.

Komponen yang sangat penting dalam hydrant salah satunya adalah nozzle. Apa itu nozzle? Nozzle sangat berperan penting dalam fire hydrant. Nozzle berfungsi sebagai pemancar mengalirnya air ke arah titik api. Nozzle dipasang pada ujung selang pemadam (fire hose).

Jenis-jenis Nozzle Hydrant

Berdasarkan karakteristiknya, nozzle dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu jet nozzle dan spray nozzle. Lalu apa perbedaan dari kedua nozzle tersebut?

  • Jet Nozzle
jenis-jenis nozzle hydrant

Yang disebut jet nozzle umumnya berbentuk seperti yang ada pada gambar di atas. Jet nozzle memiliki kemampuan untuk mengeluarkan air dengan arah lurus. Air yang keluar dari jet nozzle ini bersifat kuat dan tepat pada satu titik. Nozzle ini juga dapat memancarkan air dengan tekanan dan debit yang sangat besar.

Keunggulan jet nozzle tersebut sangat memungkinkan petugas untuk dapat memadamkan api sekali pun dari jarak petugas dan titik apai terbilang jauh. Dengan pancaran sempurna yang dihasilkan, bukan tidak mungkin api dapat langsung terjangkau pada saat pemadaman kebakaran.

  • Spray Nozzle
nozzle spray

Seperti namanya, Spray Nozzle memancarkan aliran air dengan cara menyebar. Berbeda dengan pancaran jet nozzle yang tepat dan lurus, pancaran yang dihasilkan dari spray nozzle lebih menyerupai tirai air yang menyebar. Pancaran spray nozzle ini sangat berguna dalam proses pemadaman karena pancaran tersebut dapat melindungi petugas atau siapa pun yang memegangnya (berada di belakangnya). Petugas akan terlindungi dari api dan panas api ketika menuju ke titik api.

Pancaran air dari spray nozzle juga sangat efektif jika digunakan dalam proses evakuasi korban kebakaran. Selain itu, dapat juga digunakan untuk proses pendinginan kebakaran di area yang baru saja padam. Dengan melakukan pendinginan, maka hal tersebut dapat mencegah munculnya kembali titik-titik api.

Dimana Mendapatkan Nozzle Hydrant?

Dua jenis nozzle di atas adalah jenis yang biasa dipakai petugas dalam memadamkan kebakaran. Menggunakan peralatan yang lengkap dan berkualitas baik tentu akan memudahkan setiap proses pemadaman kebakaran. Dengan begitu, pemadaman kebakaran dapat dilakukan dengan cepat kemungkinan jatuhnya korban jiwa dapat dikurangi.

Dapatkan jet nozzle dan spray nozzle dengan kualitas terjamin di Vinci Fire Protection. Jet nozzle dengan berbagai macam ukuran dan bahan bisa Anda dapatkan di sini. Berbagai varian spray nozzle juga bisa Anda dapatkan tentunya dengan kualitas sudah teruji. Anda dapat menanyakan dengan lebih detail dan konsultasikan kebutuhan Anda dengan cara menghubungi kami.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?