skip to Main Content
OFFICE: 024-760-5080 HOTLINE: 081-7096-6382, 0813-1888-0455 E-mail: vincifire.semarang@gmail.com

Jenis Sprinkler Hydrant untuk Proteksi Kebakaran

jenis sprinkler hydrant

Jenis sprinkler hydrant harus diketahui sebelum melakukan pemasangan. Kita harus tahu jenis sprinkler apa yang kita butuhkan. Memilih sprinkler yang salah tentu akan berakibat pada kerugian yang dialami karena menjadi sia-sia dan tidak terpakai.

Sebagian dari kita mungkin merasa jenis sprinkler hydrant memiliki kemiripan bentuk antara satu dengan yang lainnya. Kepala sprinkler yang berbeda dirancang untuk lingkungan dan kegunaan yang berbeda, dan memerlukan pertimbangan yang cermat.

Terdapat beberapa jenis sprinkler yang akan kita bahas :

1. Pendant

jenia sprinkler hydrant

Sprinkler pendant dipasang dengan posisi tergantung pada pipa di atas langit-langit dan mendistribusikan air dalam pola kerucut menggunakan deflektor cembung. Tidak seperti sprinkler concealed yang bersembunyi di balik plafon, setelah pemasangan kepala sprinkler pendant tetap terlihat dari luar.

Head sprinkler pendant adalah jenis yang paling umum dan kebanyakan digunakan di kantor, hotel, dan pabrik. Sprinkler ini tergantung pada langit-langit/plafon dan menyemprotkan air dengan gerakan melingkar untuk menjangkau area sekitar. Kemudian deflektor (potongan logam di ujung) dibengkokkan ke bawah untuk mengarahkan air dalam posisi berbentuk kerucut.

2. Upright

upright

Sprinkler upright menyemprotkan air ke atas ke deflektor cekung, menghasilkan pola semprotan berbentuk kubah. Sprinkler ini dipasang deflektor-up untuk menjangkau area tertentu dan untuk mencegah es dan puing-puing berkumpul di kepala. Sprinkler upright dipasang di mana penghalang mengganggu cakupan dan dalam sistem pipa kering yang menghadapi suhu beku. Sprinkler upright umumnya digunakan di kamar atau ruangan mekanis yang sulit diakses.

3. Sidewall

sidewall

Sprinkler sidewall umumnya cocok digunakan di ruang sempit, seperti lorong atau ruangan kecil. Sprinkler jenis ini hanya memiliki setengah deflektor sehingga dapat menyemprotkan air dalam bentuk setengah lingkaran, yang membantu menutupi seluruh area. Biasanya, sprinkler sidewall ini dipasang di dinding baik di sepanjang atau di bawah balok. Sprinkler sidewall dipasang di sepanjang dinding atau di bawah balok di mana pipa plafon tidak tersedia, atau di tempat yang sesuai lainnya.

4. Concealed

concealed

Sprinkler jenis concealed dipasang di dinding atau langit-langit dan menutupi sepenuhnya kepala sprinkler sidewall atau pendant menggunakan pelat penutup sprinkler concealed. Pelat peka panas ini pecah pada suhu sekitar 20 derajat lebih rendah dari kepala sprinkler api, memungkinkan deflektor sprinkler yang tersembunyi untuk turun dan kepala untuk diaktifkan

Sebenarnya apakah fungsi dari Sistem Sprinkler? Sistem sprinkler adalah salah satu dari jenis sistem proteksi kebakaran. Tujuan dari sistem sprinkler cukup sederhana, yaitu untuk menyediakan jumlah air yang sesuai untuk memadamkan api sebelum membesar dan menyebar di seluruh ruangan. Ada juga berbagai jenis sistem sprinkler yang akan memberikan perlindungan yang tepat untuk jenis pengaturan tertentu tempat sistem tersebut dipasang.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Open chat
Selamat datang. Ada yang bisa kami bantu?